Usaha Tidak Pernah Menghianati Hasil

Lomba Cfest 2016

Sudah lama sekali saya tidak memberikan artikel atau berita apapun di blog saya ini. Mulai dari awal oktober kemarin sampai detik ini, banyak sekali kegiatan yang datang silir berganti. Pada bulan oktober kemarin selepas acara FLS 2016, kami melanjutkan beberapa proyek kecil - kecilan agar hasil pertemuan kami tidak sia - sia di FLS.

Dimotori oleh mas Jamal, kami memiliki proyek Startup yang kami beri nama Markir. Tim kami terdiri dari 3 orang, yaitu saya sendiri selaku CTO, mas Jamal selaku CEO dan mas Afka selaku CMO. Markir merupakan sebuah aplikasi Mobile Payment untuk retibusi parkir. Banyak hal yang mendasari kami buat membentuk startup ini.

Alkhamdulillahnya, bulan oktober ada sebuah lomba Cfest (Creative Preneur Festival) yang diadakan oleh Kadin Jawa Tengah, Suara Merdeka, Pemkot Semarang & Udinus. Lomba ini mencari ide & protoype startup yang bergerak dibidang Kretatif atau sekarang lebih dikenal dengan istilah Teknopreneur. Tanpa berfikir panjang, kita mulai ikutan acara ini.

Kami mulai sering ketemu nih, seminggu 2x buat bahas progress dari ide startup yang akan kita jalankan nantinya. Baik dari survey, cara monetize aplikasi, desain, dan prototype aplikasi, dan semuanya kami buat dalam sebauh proposal. Kami bertiga suka kumpul di PIP (Pusat Informasi Publik) kota semarang untuk brainstroming, cari internet & lokasi yang nyaman. Tidak jarang kita pulang sampe larut malam untuk menyelesaikan proposal yang kita buat.

Dan setelah 1 bulan kami membuat proposal Markir, kami siap buat mengikutkan Ide bisnis markir ini ke Cfest. Dan tibalah pada tanggal 4 November 2016, dan… Ide Bisnis kita masuk 5 besar dan berkesempatan untuk menjadi 3 terbaik dari peserta yang ada. Dari sini, kita mulai seriusin lagi proyek Markir ini, baik dari desain produk, aplikasi, konsep pembayaran, teknologi dan lain sebagainya. Semakin kesini, kita bertiga semakin sering bertemu buat Markir, dan dari kita sering punya gurauwan bahwa #BelumBolehTidur yang kita anggap sebagai pelecut semangat bahwa Startup itu ‘wani perih’.

Markir Indonesia

Alkhamdulillah ketika ada Expo di Cfest, stand kita selalu yang paling rame dari pengunjung. Baik dari mahasiswa, kalanagan profesional dan dari kalangan pemerintah. Mereka bilang bahwa ide kita unik, beda dari yang lain dan penuh tantangan.

Dan pada akhirnya, kita mampu menjadi juara 2 pada CFEST kategori protoype. Kita tau bahwa ini bukan akhir dari usaha kita, tapi ini adalah AWAL dari sebuah langkah kesuksesan yang sudah kita rintis. Good jobs team! Lanjutkan !

Bagikan Komentar