Diterima Sebagai Software Engineer Tokopedia

Bagi kebanyakan mahasiswa Teknik Informatika, bekerja di perusahaan teknologi bergengsi setelah lulus kuliah adalah hal yang sangat diimpikan. Begitupun saya, saya salah satu mahasiswa (dulu) yang setelah lulus ingin bekerja di dua startup besar Indonesia, kalau gak Bukalapak, Tokopedia ataupun Traveloka. Mengapa ketiga perusahaan tersebut? karena saya sangat menyukai Web, dan 3 perusahaan tersebut menjadikan teknologi web sebagai core business mereka. dan Alkhamdulillah, sekarang saya bisa menjadi bagian dari Software Engineer Mobile Web di Tokopedia dan beginilah cara saya mencapainya.

Membangun Portofolio

Mewakili Dian Nuswantoro Computer Club di LKMM

Waktu saya menjadi mahasiswa, saya sadar saya bukan anak yang jenius, dan bukan juga orang sudah dikenal dimana - mana. Maka dari itu, mulai dari dari awal kuliah saya memulai untuk membangun portofolio saya. Portofolio saya tidak cuma di hardskill saja, tapi juga di softskill. Saya memulainya dengan mengikuti berbagai organisasi maupun komunitas di kampus, kemudian ambil proyek-proyek sampingan dan magang di kampus.

Membangun relasi lewat Organisasi

Rangers Future Leader Summit 2017

Bagi saya, membangun relasi itu sangat penting. Selain menambah ilmu pengetahuan, melalui organisasi inilah kita mengenal banyak sekali tipe orang dan bagaimana seharusnya kita bersikap. Jadi jangan salah, anak IT itu tidak melulu orang yang selalu didalam kamar dan jarang bersosialisasi. Bagi saya, anak IT itu harus pintar berkomunikasi, harus pintar bergaul juga. Mengapa? karena yang akan kita handle nantinya itu permasalah orang banyak (bukan cuma orang IT), maka kita harus pintar berkomunikasi untuk mengetahui apa sih yang mereka mau dan teknologi seperti apa yang bisa menyelesaikanya.

Jangan cuma jago Kandang!

Prinsip Jangan cuma jago kandang saya pegang dari pertama masuk kuliah. Maksud dari kalimat Jangan cuma jago kandang pun banyak hal, mulai dari jangan berpuas diri dengan ilmu yang sudah dipunya, terus belajar dan belajar. serta turut aktif dalam mengikuti berbagai kegiatan lomba/event yang diadakan di kampus - kampus lain. Kalah menang itu biasa, yang penting mencoba :)

Tokopedia Devcamp 2018

Dan karena prinsip inilah, saya bisa ikutan Tokopedia Devcamp 2018, berkompetisi dengan mahasiswa-mahasiswa dari kampus lain dan diterima sebagai Software Engineer Intern di Tokopedia.

Jangan lupakah Fundamental!

Fundamental - Unsplash

Point yang tidak kalah penting adalah, fundamental! fundamental atau kemampuan basic adalah hal yang wajib dikuasai bagi seorang developer. Walaupun banyak sekali framework dan tools yang memudahkan kita. Kita boleh menggunakanya tapi jangan terlena dan melupakan hal basic. Kemampuan basic seperti sorting, logika, dan API dasar dari pemrograman yang kamu pelajari serta setup basic environmentnya. Oh iya penguasaan fundamental ini pasti ditanyakan waktu interview kerja sebagai software engineer lho.

Jadilah sahabat bagi diri Sendiri :)

Smiling man - Unsplash

Terkadang banyak dari kita memimpikan hal besar saja tidak berani. kenapa itu terjadi? ya karena kita tidak percaya pada diri sendiri. Oleh karena itu, penting sekali menjadi sahabat bagi diri sendiri agar kita bisa mempercayai diri kita. Percaya bahwa kita mampu memujudkan mimpi-mimpi besar itu.

Dan jangan lupa berdoa..

Kewajiban kita sebagai manusia adalah berusaha semampu kita. Setelah kita berusaha, kita berdoa dan pasrahkan semua pada Allah SWT. Karena pada dasarnya, manusia hanya berikhtiar, Allah SWT yang menentukan.

Tokopedia Mobile Lite Team

Semoga bermanfaat 🙂

Indra Kusuma - Software Engineer Mobile Web at Tokopedia
Tulisan ini di tulis di kamar Kost tercinta, Jakarta Timur, Indonesia.

Bagikan Komentar