Selamat Hari Santri Nasional yang Ke-2!

Hari Santri Nasional, Semarang 2016

22 Oktober merupakan Hari Santri Nasional bagi Negera Tercinta, Indonesia. Hal ini sesuai dengan keppres nomor 22 tahun 2015 tentang penetapan 22 oktober merukan Hari Santri Nasional. Nah, hari ini (22/10/2016) kami santri Pondok Raudhatul Qur’an Annasimiyyah memperingati Hari Santri Nasional dengan mengikuti serangkain acara yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kota Semarang dan berbagai Ormas Islam diwilayah Semarang.

Hari Santri ? Mengapa harus diperingati secara Nasional ?

Kita semua tahu, bahwa lahirnya bangsa Indonesia tidak terlepas dari peran para ulama terdahulu, sebut saja K.H Hasyim Asyari, K.H Ahmad Dahlan dan para tokoh yang lain. Oleh karena itu, sudah sepantasnya kita memperingari hari santri.

Terus, Kenapa pada 22 Oktober ?

Hal tersebut merujuk pada peristiwa bersejarah yang membawa bangsa Indoensia meraih kemerdekaan dari para penjajah. Resolusi jihad yang dicetuskan oleh Pendiri NU KH. Hasyim Asy’ari pada tanggal 22 oktober tahun 1945 di Surabaya untuk mencegah kembalinya tentara kolonial belanda yang mengatasnamakan NICA.

KH. Hasyim Asy’ari sebagai ulama pendiri NU menyerukan jihad dengan mengatakan bahwa “Membela tanah air dari penjajah hukumnya fardlu’ain atau wajib bagi setiap individu“.

Oke, memangnya mas Indra Santri ?

Kan udah saya tulis dipembukaan tadi, bahwa saya santri dari PPRQ Annasimiyyah dan diasuh Abah Hanif Ismail, LC. Jadi sudah jelas saya juga santri, hehehe.

Foto bersama Santri PPRQ Semarang

Oh iya ya, terus terus.. Mas Indra kan mahasiswa dan santri nih ? ceritain dong bagaimana prosesnya..

Nah ini nih yang paling penting, saya cerita sejarah saya sebelum mondok di PPRQ dulu ya. Sebenernya waktu awal kuliah dulu niatanya cuma pengen kuliah dan berorganisasi yang baik dan nyari sambilan buat bantuin orang tua bayar kuliah. Oleh karena itu dulu saya Ngekost, tapi ngekostnya cari yang bareng sama pekerja bukan sesama mahasiswa.

Dulu ngekost 1 kamar dua orang yaitu saya dan teman saya Umam jadi bayarnya patungan gitu, Cuma si Umam disemester kedua tidak lanjut kuliah, dia lebih memilih wirausaha, nah waktu itu juga saya bingung nih, udah kuliah bayarnya mahal, ditambah biaya kost yang mahal yang harus ditanggung sendiri.

Nah, waktu itu saya mau pindah terus cari yang murah - murah aja. yang bayarnya 200rb/bulan atau dibawahnya dan ketemulah si M Nurul Irfan, dia merupakan teman kelas sekaligus rekan komunitas DOSCOM. Dia memberitahu saya bahwa dia mondok di PPRQ dan biaya perbulanya cuma 60 ribu, masyaAllah murah banget kan. Waktu itu karena saya juga butuh yang murah saya langsung main dipondoknya irfan buat cek tempat.

Tetapi saat saat pertama kali cek tempat, saya ngelus dada. Karena waktu itu satu kamar di isi 3 orang dan 4 sama saya. Tapi karena kebutuhan mendesak, udah mondok aja. Bismillah

Dulu pas niat mau mondok ijin sama orang tua mas ? langsung dibolehin ?

Dulu waktu mau mondok, bilang sama kedua orang tua malah langsung didukung. Cuma.. dulu posisinya saya masih hidup dizaman jahiliyah, ya saya dulu pacaran dan bangga (Astagfiruallah). Dulu dapet sendikit kontra nih sama mantan saya, tapi saya niat aja, bahwa saya juga sekalian mau perbaiki diri dan ngaji saya, jadi saya harus mondok.

Dan Alkhamdulillah, setelah ngaji berbagai kitab fiqih, tafsir dan qur’an selama kurang dari 2 bulan, Saya diberi kekuatan sama Allah untuk berani memutuskan pacar saya (Alkhamdulillah..)

Owalah.. nah terakhir nih mas. Kamu kan Aktivis juga nih, bagimana sih kondisi mahasiswa/pemuda Indonesia ? benarkah kekurangan orang pinter ?

Wah pertanyaanya susah hehehe, tapi coba saya jawab dengan pengetahuan saya ya. Bismillah, jadi gini, Indonesia merupakan bangsa besar, sumber daya alam dan manusianya cukup habat. Kekurangan Orang pinter ? saya rasa tidak ! kamu bisa lihat berbagai kompetisi internasional, seperti fisika, matematika dan juaranya siapa ? Indonesia. Jadi untuk tingkat kepintaran, Indonesia jelas tidak kekurangan.

Tapi, Indonesia kekurangan orang jujur dan beraklaq. Mereka yang korupsi jelas bukanlah orang bodoh. Mereka pintar dan sangat pintar tapi akhlaq dan iman mereka kosong ! nah, disini peran pendidikan agama sangatlah penting, oleh karena itu, tidak cukup belajar ilmu duniawi saja, harus belajar ilmu agama juga.

Oleh karena itu,Santri yang notabenya ilmu agamanya baik, harus belajar ilmu duniawi yang baik juga, seperti yang dikatakan oleh Habib Luthfi, bahwa :

“Belajar halal haram itu pokok, belajar sifat wajib-jaiz (Allah) itu kewajiban. Namun (santri) harus belajar kandungan Al-Qur’an yang juga berisi ilmu astronomi, antariksa, sebagaimana yang tersebut dalam surat Al-Qur’an,” jelas Habib Luthfi bin Hasyim bin Yahya dalam acara Maulid Nabi Muhammad SAW di Latak, Godong, Grobogan, Jawa Tengah

Hari Santri Nasional, Semarang

Sebagai penutup dihari santri yang Indah ini, mari kita jadikan sebagai momentum untuk bangkit menjadi bangsa yang kuat di Ilmu Agama dan juga kuat dalam ilmu Duniawi. Jadi pada masa depan nanti, Indonesia akan dipimpin oleh pemimpin yang amanah,cerdas duniawinya dan juga bagus Ilmu Agamanya. Amiin ya Allah.

Semarang, 22 Oktober 2016

Indra Kusuma

Bagikan Komentar