Haruskan Aku Menggunakan Framework dalam Pengembangan Software ?

Haruskan Aku Menggunakan Framework dalam Pengembangan Software ?

Jika kamu aktif dalam berbagai forum online seperti forum PHP Indonesia, Node.JS, dan forum - forum Programmer lainya tentu mereka tidak asing dalam mengutarakan kata framework. Beberapa dari kalian yang baru dalam dunia IT, khususnya dalam Software Development mungkin masih asing bukan dengan framework ? Nah sebenernya apa sih framework itu ? nah dalam tulisan ini, penulis mencoba memberikan gambaran kepada kalian, Haruskah kita menggunakan Framework dalam Pengembangan Software ?

Framework

Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, Framework merupakan Kerangka Kerja. Sedangkan dalam software developement, Framework merupakan software / tools development yang berisi berbagai fungsi, plugin, dan konsep pengembangan sehingga membentuk suatu sistem tertentu. Tujuan dari pembuatan framework adalah untuk menjadi standar dan mempercepat programmer dalam membangun suatu software. Saat ini berbagai framework bisa kalian gunakan dengan bebas, seperti Codeigniter, Laravel, Spring, VueJS, Hexo, AngularJS dan masih banyak lainya.

Haruskan Menggunakan Framework ?

Jika pertanyaannya Harus maka jawabnya Tidak. Karena pada dasarnya framework hanya sebuah tools saja yang mempercepat kamu dalam pengembangan software.

Mengapa Bisa lebih Cepat ?

Framework berisi berbagai fungsi dan plugin yang siap digunakan. Jadi kalian hanya berfokus pada model aplikasi yang kalian buat saja. Lebih cepat bukan ?

Lebih Aman dan Lebih baik

Open Issue Laravel

Framework umumnya dibangun secara open source dan tentunya dikembangkan oleh berbagai programmer keren dari seluruh dunia. Bagian Efisien dan Keamanan jadi pritoritas utama dalam framework, nah itu bisa kalian check di github framework masing - masing.

Dokumentasi yang Jelas

Salah satu keunggulan penggunaan framework adalah Dokumentasi program. Hal tersebut memudahkan kita dalam pengembangan pengerjaan proyek - proyek sekala besar ataupun proyek open source. Karena para calon kontributor tidak perlu terlalu lama mempelajari model atau style codingan kamu. Cukup paham mengenai framework yang digunakan.

Kesimpulan

Kesimpulan dari tulisan ini adalah :

  • Penggunaan Framework tidak Wajib, tergantung kebutuhan programmernya.
  • Framework menawarkan berbagai keunggulan seperti proses development yang lebih cepat, aman dan efisien.
  • Penggunaan Framework memudahkan kita para calon kontributor untuk turut serta dalam proyek sekala besar atau proyek - proyek open source.

Sumber

http://symfony.com/why-use-a-framework

Share Comments